Design Drowdown Hopper Produk Untuk Gravitasi

Dalam Penumpukan batubara di area stokpile , kita tidak lepas dengan yang namanya drowdown hopper , hal ini berguna untuk proses transfer ke dalam Conveyor yang ada di bawahnya atau lower level , biasanya di dalam thunnel  atau terowongan .


Hopper ini di design untuk menjatuhkan material di bawahnya secara gravitasi, jika anda bekerja dalam dunia material handling tentu ini bukan hal yang baru lagi.
Bibir hopper dikelilingi oleh beton cor yang berguna untuk melindungi bibir hopper agar tidak terdorong oleh alat berat ( Dozer atau excavator ) ,
Namun terkadang beton cor tersebut sering terdorong oleh alat berat yang mengakibatkan pecah atau terkikis ,
Jika sudah terkikis maka lama kelamaan akan habis ,
Oleh sebab itu perlu ditambahkan cover berupa Plate 10mm Hardox yang dibentuk mengikuti dimensi beton yang ada dibawahnya .
Hal ini perlu karena selain menghindari terkikisnya dinding cor juga mengantisipasi agar beton cor yang terkikis tersebut tidak masuk ke dalam material produk ( Coal , Split dll) yang pada akhirnya akan menjadi kontaminan , hal ini sangat berpengaruh pada kualitas batubara yang terjual ke konsumen .

Perlu ditekankan bahwa pemasangan plate cover tersebut haruslah dalam kondisi yang rapat dan pengelasan yang maksimal , jika tidak maka justru akan berbahaya jika sampai plate tersebut terdorong alat berat dan masuk kedalam conveyor .

Sedikit gambaran di bawah ini semoga bisa menjadi bahan referensi